DETAIL NEWS

Tips Sederhana Merawat Rantai Motor, Cuma Butuh 3 Cara Supaya Awet

Date : 25 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 702

Tips Sederhana Merawat Rantai Motor, Cuma Butuh 3 Cara Supaya Awet

Mengingat pentingnya peran rantai, jangan lupa untuk selalu merawat komponen ini ya Feders. Simak tips merawat rantai motor supaya awet.

1.Kenali Bagian Rantai
Sebelum mengetahui cara perawatan, pelajari dahulu bagian-bagian yang terdapat pada rantai roda. Rantai pada sepeda motor terhubung dengan drive sprocket (gear mesin) dan driven sprocket (gear pada roda). Rantai sendiri terdiri dari roller link saling terhubung yang disatukan dengan master link sebagai penyambung dua sisi rantai.

Selain itu, perhatikan pemilihan jenis rantai yang digunakan, terdapat perbedaan ukuran rantai motor bebek dan sport. Perbedaan terdiri dari ukuran panjang rantai dan juga ukuran lebar dari roller link.

Baca Juga: Ganti Oli Sebaiknya Berdasarkan Jarak Tempuh Atau Waktu Pemakaian ?

2. Jarak Main Bebas

Jarak main bebas rantai roda dapat dikatakan hal penting dalam memastikan batas kekenduran dari rantai roda untuk mendapatkan tenaga yang optimal dari sepeda motor. Para pengguna sepeda motor dapat melihat batas jarak main bebas yang tertera para stiker yang berada cover rantai.

Dalam mengukur kekencangan rantai roda, para pengguna sepeda motor harus memastikan sepeda motor berada pada posisi standar tengah dan posisi gigi netral, kemudian putar roda untuk menemukan kekenduran rantai yang paling kecil. Terakhir, gunakan penggaris mengukur tingkat kekenduran pada bagian kekenduran yang paling kecil atau di tengah-tengah antar dua sprocket.

Baca Juga: Tips Memilih Busi yang Tepat Untuk Motor Kamu

3. Gunakan Pelumas

Sebelum memberikan pelumas pada rantai motor, para bikers perlu melakukan pembersihan rantai dengan menggunakan cairan pembersih (detergen) dan disikat menggunakan sikat kecil, selanjutnya dapat dilakukan pengeringan dengan menggunakan kain kering pada seluruh bagian rantai. Dalam melakukan proses pembersihan, hindari menggunakan cairan pembersih yang mudah terbakar.



contoh bottom frame
x