DETAIL NEWS

Virus Corona Makin Mengganas, Ini Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri di Rumah

Date : 13 Juli 2021 , Post Via : Admin, Views : 653

Virus Corona Makin Mengganas, Ini Cara Membuat Cairan Disinfektan Sendiri di Rumah

Mengingat kasus Covid di Indonesia masih sangat tinggi, pemerintah menerapkan kebijakan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Jawa dan Bali.

Dengan adanya PPKM Darurat, bagai warga yang bekerja bukan di sektor esensial diminta untuk Work From Home (WFH), sedang untuk di sektor esensial dan kritikal masih diperbolehkan Work from office (WFO) dengan ketentuan yang berlaku.

Buat kamu yang di rumah saja,supaya lingkungan rumah kamu bebas dari virus dan kuman, sering-sering disemprot dengan cairan disinfektan. 

Sebelum membuat cairan disinfektan sendiri di rumah, sebaiknya siapkan terlebih dahulu alat dan bahan yang diperlukan. Sebagaimana disebutkan sebelumnya, alat dan bahan ini sangat mudah ditemukan di sekitar rumah kamu.

Selengkapnya, disini Anda memerlukan botol semprot plastik, 1 liter cairan pemutih, air bersih, botol kaca dengan penutup, gelas ukur, lap atau kain fiber yang lembab, sarung tangan dan masker. Pastikan menyiapkan keperluan ini secara lengkap sehingga bisa proses pembuatannya lebih mudah.

Disini, sangat penting untuk memahami teknik yang benar dalam membuat cairan ini agar tercipta kadar yang tepat. Pada beberapa produk pemutih yang dijual dipasaran mengandung 2,5 – 5% kadar. Selanjutnya, tinggal campurkan dengan air agar kadar cairan pemutih berubah menjadi 0,025 – 0,05%.

Lebih lanjutnya, sebenarnya tidak hanya pemutih yang bisa digunakan. Bahan-bahan yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat disinfektan sendiri, diantaranya adalah sebagai berikut.

Cairan Pemutih
Cairan pemutih pakaian mengandung konsentrat yang tinggi dan ampuh dalam membunuh kuman serta virus. Anda bisa mengambil 2 sendok makan cairan pemutih kemudian larutkan dengan air sebanyak 1 liter.

Karbol
Bahan selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk membuat cairan disinfektan sendiri adalah karbol. Tentu saja bahan ini sangat mudah ditemukan di pasaran. Ambil 2 sendok makan karbol dan larutkan dalam 1 liter air bersih. Aduk hingga rata.

Pembersih Lantai
Pembersih lantai juga bisa digunakan sebagai alternatif untuk membuat disinfektan sendiri. Ambil cairan pembersih lantai dan tuangkan pada tutup botol. Campurkan dengan 5 liter air dan aduk sampai merata.



contoh bottom frame
x