Oli motor spesial, untuk mesin motor matic, bebek dan sport

DETAIL NEWS

Yuk Kenali Kondisi Busi Motor Kamu

Date : 14 Juli 2020 , Post Via : Admin, Views : 179

Yuk Kenali Kondisi Busi Motor Kamu

Feders-Sepeda motor memiliki beragam komponen penting, salah satunya adalah busi (spark plug). Komponen ini berfungsi untuk mengubah tegangan listrik yang disalurkan oleh koil, menjadi percikan api yang akan membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang mesin yang telah dikompresi.

Seiring perkembangan teknologi mesin sepeda motor, spark plug atau busi pun hadir dengan beragam jenis sesuai kebutuhan, diantaranya busi nickel, busi resistor, busi platinum, busi iridium dan busi racing.
 
Ragam busi tersebut memiliki perbedaan material ujung tip electrode yang menjadikan setiap busi memiliki performa yang berbeda.

Sama seperti komponen sepeda motor lainnya, kinerja busi juga dipengaruhi oleh usia pakainya, kinerjanya akan berkurang seiring masa pakainya. 

Di sisi lain, komponen ini juga bisa dijadikan indikator untuk mengetahui  kondisi pembakaran mesin melalui warna elektrodanya di bagian kepala busi.

1. Abu-abu atau Merah Bata
Warna abu-abu atau merah bata pada ujung besi atau insulator mengindikasikan bahwa kondisi busi dalam keadaan baik dan normal. 

Pada kondisi ini, proses pembakaran di ruang mesin pun dalam keadaan optimal dan efisien.

2. Hitam dan Kotor
Elektroda busi berwarna hitam mengindikasikan adanya ketidak seimbangan campuran bahan bakar dan udara. Kotoran atau lapisan karbon sisa pembakaran yang menempel dapat membuat mesin jadi sulit dihidupkan, putaran mesin tidak stabil, dan konsumsi bensin menjadi lebih boros. 



contoh bottom frame
x