Beranda / Berita / Fungsi Selang Rem

Apa Sih Fungsi Selang Rem Pada Kendaraan Bermotor

Tanggal : , Penulis : Admin

Apa Sih Fungsi Selang Rem Pada Kendaraan Bermotor

Setelah mengenal lebih jauh fungsi selang rem, Anda perlu tahu dengan lebih detail seperti apa kontruksi pada selang ini. Dapat dikatakan bahwa selang memiliki tiga lapis kontruksi yang wajib Anda ketahui yakni inner tube, Kevlar layer, dan yang terakhir outer casing.

Ketiga bagian ini memiliki peran dan fungsinya masing-masing. Untuk memperjelasnya, berikut fungsi utama dari ketiga bagian pada selang pengereman ini.

Inner Tube
Lapisan yang pertama ini disebut inner tube dan berfungsi untuk menampung cairan. Bahan pilihan terbaik untuk bagian ini yang tidak bereaksi atau dapat menyebabkan korosi pada minyak rem adalah Teflon.

Kevlar Layer
Bagian kedua yang juga harus Anda ketahui adalah Kevlar Layer. Fungsi dari Kevlar layer adalah memberi kekuatan dan struktur pada selang. Kevlar layer merupakan lapisan yang berbentuk seperti anyaman dengan bentuk yang fleksibel.

Meski bentuknya fleksibel, lapisan ini menangani tekanan tinggi yang berasal dari sistem hidrolik secara lebih efisien. Penanganannya juga harus lebih efisien agar tidak meluas kemana-mana. Bagian ini memiliki berat yang sangat ringan dan mudah di bongkar pasang dengan menggunakan alat yang benar.

Outer Casing
Berlanjut pada bagian terluar yang juga berfungsi sebagai lapisan pelindung dengan sebutan outer casing. Outer casing bertugas melindungi lapisan Kevlar dan rangka sepeda agar minim lecet.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine