Beranda / Berita / Dampak Buruk Saringan Udara Kotor

Dampak Buruk Pada Mesin Jika Saringan Udara Kotor Dibiarkan Saja

Tanggal : , Penulis : Admin

Dampak Buruk Pada Mesin Jika Saringan Udara Kotor Dibiarkan Saja

Feders-Perawatan sepeda motor secara berkala sangat penting salah satu komponen yang tidak kalah penting yang harus diperhatikan filter udara.

Saringan udara ini sangat penting Feders, fungsinya untuk menyaring udara sebelum masuk ke dalam ruang bakar, dengan adanya filter udara, maka udara yang masuk ke dalam ruang bakar dapat tersaring.

Saring udara yang lama dipakai akan kotor, oleh karena itu selain dibersihkan, saringan udara juga perlu diganti secara berkala.

Ada tiga jenis bahan yang biasanya digunakan sebagai saringan udara. Adapun ketiga bahan itu antara lain Urethane foam (busa), Dry paper (bahan dasar sejenis kertas), dan Viscous paper element (bahan dasar sejenis kertas yang dilapisi oli).

Saringan udara yang banyak digunakan pada sepeda motor saat ini jenis viscous paper element. Penyaring udara jenis ini dilapisi oli yang mampu menyaring udara lebih bersih dan menangkap debu dari udara luar.

Seiring pemakaian, beragam kotoran seperti debu akan menumpuk pada saringan udara. Jika tumpukan kotoran di saringan udara dibiarkan dalam waktu lama, tentu akan memberi dampak buruk bagi sepeda motor.

Kotoran atau debu yang menumpuk pada saringan udara membuat suplai udara ke ruang bakar jadi terhambat. akibatnya, proses pembakaran di ruang bakar jadi tidak maksimal. Yang mengakibatkan, performa motor pun berkurang dan tarikan mesin menjadi berat.

Selain berakibat menurunnya performa sepeda motor, saringan udara yang kotor pun bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih boros. 

Terhambatnya volume udara yang masuk ke ruang bakar membuat campuran antara bahan bakar dan udara jadi tidak seimbang. Volumenya akan lebih banyak bensin dibanding udara sehingga bensin yang terbakar jadi sia-sia.

Untuk kebanyakan motor dengan saringan jenis Viscous paper element sebaiknya jangan dibersihkan menggunakan semprotan udara bertekanan atau dicuci. Sebab, cara itu dapat menghilangkan lapisan oli di saringan udara.

Artikel Lainnya

x Check if your product is genuine