DETAIL NEWS

Penyebab Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak

Date : 05 September 2020 , Post Via : Admin, Views : 2310

Penyebab Klaim Asuransi Kendaraan Ditolak

Polis sedang tidak aktif (lapse)
Polis asuransi bisa berada dalam keadaan tidak aktif karena beberapa kondisi. Keadaan tidak aktif ini disebut juga dengan lapse. 

Salah satu penyebabnya seperti pembayaran premi asuransi jatuh tempo karena telah melewati masa tenggang. Bila polis sedang lapse, tentunya perusahaan asuransi tidak bersedia membayar klaim asuransi.

Klaim dilakukan setelah lewat dari batas waktu yang ditetapkan
Kesalahan lainnya yang menyebabkan klaim ditolak adalah tidak segera melaporkan kerusakan/kerugian yang diderita terhadap perusahaan asuransi. 

Asuransi selalu memberikan batas waktu tertentu untuk pengurusan klaim. Lewat dari itu, klaim bisa ditolak. Klaim asuransi mobil harus segera diurus karena batas waktunya pendek, hanya 3 x 24 jam.

Baca Juga: Oli Motor Matic Terbaik Untuk Yamaha Xeon

Tidak melaporkan tambahan aksesoris
Setiap ada penambahan aksesori mobil atau melakukan modifikasi harus melaporkan kepada perusahaan asuransi. 

Pastikan modifikasi memang diperbolehkan dan untuk penambahan NSA (Non Standard Accessories) akan dikenakan rate yang sama dengan biaya pada kendaraan dan akan dikalikan dengan nilai NSA tersebut untuk mendapatkan nilai premi yang perlu ditambahkan.

Pengemudi melakukan pelanggaran hukum
Alasan lain yang membuat klaim asuransi ditolak adalah bila pemegang polis melakukan tindakan melanggar hukum. 

Misalnya, bila ia memiliki asuransi jenis comprehensive kemudian mobilnya kecelakaan karena mengemudi ugal-ugalan atau melanggar lalu lintas, ia tidak dapat mengajukan klaim. 

Hal yang sama juga berlaku bila pemegang polis tidak memiliki SIM saat berkendara, parkir di sembarang tempat, dan mabuk.



contoh bottom frame
x