DETAIL NEWS

Tips Perawatan Motor Jelang Akhir Tahun Buat Persiapan Touring

Date : 25 November 2021 , Post Via : Admin, Views : 160

Tips Perawatan Motor Jelang Akhir Tahun Buat Persiapan Touring

”Untuk mendukung kelancaran aktivitas, dibutuhkan perawatan tujuannya agar motor dalam kondisi baik serta komponen-komponennya awet. Hal itu juga dikarenakan pada jarak/km tertentu terdapat komponen-komponen yang membutuhkan perawatan bahkan dibutuhkan penggantian. Untuk itu, kami memberikan beberapa tips perawatan berkala yang perlu diperhatikan konsumen,” ungkap Muslian, Manager After Sales Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

 

Berikut tips perawatan berkala sepeda motor dari Main Dealer Yamaha PT Thamrin Brothers :

Kondisi oli mesin
Untuk menjaga performa mesin lebih enak dan nyaman perlu adanya perawatan di mesin yaitu dengan pergantian oli. Untuk pergantian oli direkomendasikan 2.000 km – 3.000 km atau 2 bulan sekali.

 

Pola kembang ban dan tekanan udara
Cek pola kembang ban apakah masih tebal atau sudah tipis, dikarenakan jika ban sudah tipis akan sangat berbahaya jika masih di tetap digunakan dan dikhawatirkan ban slip dan membuat pengendara jatuh atau menyebabkan kecelakaan. Sedangkan tekanan udara juga wajib dicek karena jika tekanan udara berlebihan atau bahkan kekurangan udara maka akan dapat mengakibatkan dampak yang kurang baik seperti umur pakai ban menjadi berkurang, kenyamanan berkendara tidak maksimal bahkan dapat merusak ban.

 

Rantai dan gear apabila menggunakan transmisi manual
Untuk pengendara sepeda motor manual, bagian rantai dan gear adalah bagian terpenting karena berfungsi sebagai penggerak roda. Oleh sebab itu lakukan perawatan seperti pembersihan, pelumasan dan pergantian berkala. Untuk rantai dan gear direkomendasikan pergantian setiap kelipatan 15.000 km.

 

Rem
Karena tingginya mobilitas pengendara dan sering terjadi kemacetan di jalan, perlu dijaga kondisi rem dan kampas rem. Karena rem merupakan salah satu bagian terpenting, jika tidak merawat bagian ini maka resiko terjadinya kecelakaan cukup tinggi. Indikasi perlunya perawatan rem yaitu pada saat cengkraman rem sudah berkurang lalu pada saat melakukan pengereman timbul bunyi. Maka lakukan perawatan atau bahkan pergantian komponen di bagian rem. Pada bagian kampas rem rekomendasi kami lakukan pergantian pada saat 12.000 km.



contoh bottom frame
x