DETAIL NEWS

Usai Terobos Banjir, Lakukan Hal Berikut Ini

Date : 25 Desember 2020 , Post Via : Admin, Views : 1060

Usai Terobos Banjir, Lakukan Hal Berikut Ini

Feders-Musim hujan sudah mulai tiba, bahkan di beberapa daerah sudah ada yang terkena banjir seperti di banung.Banyak  pemilik kendaraan utamanya sepeda motor yang tidak siap dengan keadaan ini. Dan dengan alasan tertentu, nekat menerabas genangan air yang terbilang tinggi.

Komponen yang paling diantisipasi adalah kabel. Ya, kelistrikan adalah salah satu bagian yang cukup vital karena ini snagat sulit dibersihkan. Kalau sudah korslet, jelas harus diganti atau mengurut ulang kabel.

Baca Juga: Momen Yang Tepat Untuk Membeli Motor Baru

Selain itu, ada juga beberapa hal yang harus dilakukan untuk agar motor kesayangan tetap prima setelah menerjang banjir.

1. Matikan motor

Ketika motor teremdam air segera matikan motor. Dan dorong motor dari genangan air. Jangan coba hidupkan karena akan memperparah komponen di ruang bakar. Cara membersihkan komponen listrik tersebut dengan memberikan ruang terbuka. Setelah itu semprot dengan kompresor angin dan keringkan.

2. Buka mesin

Cara ini untuk membersihkan crankcase, kopling, silinder serta kepala silinder. Gunakan cairan bensin untuk membersihkannya. Setelah benar-benar bersih, pasang kembali penutup komponen-komponen tersebut.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Ini Fungsi Kiprok Pada Sepeda Motor
3. Ganti oli

Jangan lupa mengganti oli mesin. Sebelum menuangkan oli baru, sebaiknya pastikan mesin benar-benar kering dari air dan kotoran.

4. Rantai

Bersihkan rantai dengan bensin pasca terendam air dan lumasi dengan pelumas khusus rantai. Pasalnya air hujan berpotensi membuat rantai cepat karat.

5. Rem tromol

Rem tromol paling rentan rusak setelah motor terendam air. Buka dan bersihkan bagian-bagian terpenting.(Federaloil.co.id)



contoh bottom frame
x